Senin, 09 Februari 2015

bakso ayam home made

Beberapa hari yang lalu nyembelih 2 ekor ayam mau dimasak semua pastinya kebanyakan dan ga mungkin habis sekali makan ahirnya saya ambil daging bagian dada saya bersihkan kemudian saya taruh difrezer karena masih bosen makan ayam juga terlalu sering masak ayam nih :)
sebenernya bingung juga tu daging ayam mau dimasak apa nuget udah terlalu sering bikin nuget,ayam kriting males juga proses gorengnya ahirnya kepikiran pingin nyoba bikin bakso ayam karena memang belum pernah bikin sendiri,setelah selesai masak kembali uprek dengan daging ayam dan alhamdulillah bakso ayam bikinanku berhasil sempurna meskipun resepnya juga ngawur tapi rasanya sudah lumayan enak kenyalnya juga,tadi begitu mateng langsung abis 5 biji :D




Bakso Ayam
by  : Tri Yunianti

Bahan
  • 500-600 gr daging ayam filet (lupa tidak saya timbang ) bekukan 
  • 200 gr tepung kanji
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 btr putih telur
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • penyedap rasa (bila suka)
  • garam secukupnya
Cara Membuat
  • dalam keadaan beku iris tipis tipis daging ayam menggunakan pisau tajam
  • kemudian masukan daging ayam dan bawang putih kedlam penggiling daging giling sampai daging halus kemudian tambahkan putih telur (karena food procecor saya kecil jadi daging saya bagi 3 bagian dan saya giling 3x)
  • setelah smua daging telah digiling halus taruh didalam baskom kemudian tambahkan merica bubuk,gula,gara,kaldu bubuk,penyedap rasa,dan garam aduk rata tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni lalukan sampai tepung kanji habis
  • cicip rasanya jika kurang asin bisa ditambahkan garam sambil terus diuleni sampai adonan menjadi elastis
  • panaskan air dalam panci beri sedikit garam setelah air cukup hangat kecilkan api dan mulailah membentuk bulatan bakso dengan tangan kemudian ambil dengan sendok yang telah diolesi minyak masukan bakso kedalam air lakukan sampai adonan bakso habis
  • setelah adonan bakso habis kemudian besarkan kembali api biarkan sampai mendidih dan bakso mengapung
  • jika bakso sudah mengapung angkat dan tiriskan
  • bakso ayam home made siap diolah sesuai dengan selera 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar