Sabtu, 03 Januari 2015

ayam bakar madu

kemaren sore ada acara maulid nabi di masjid tapi berhubung saya lagi males ribet masak bikin sambal goreng dan lain-lainya jadi menu buat dibawa kemasjid saya memilih bikin ayam bakar madu karena selain lebih mudah dan ga pake ribet cocok buat saya karena saya memasak masih harus sambil momong si kecil
memanggangnya juga saya hanya menggunakan happy call berhubung saya lagi males ngeluarin panggangan,wees pokoknya masak kali ini pakai edisi malas tapi yang terpenting biarpun males tetep bisa menyajikan makanan yang enak di makan :)
Sebelum di bawa kemasjid sempet sih bakar beberapa potong buat di makan sendiri dan ada beberapa potong yang aku kasihkan ke anak tetangga eh tak taunya si ibunya nyeletuk "haduuh ayam bakar mama yuni enak nanti kalu kemasjid ambil baki oval milik mama yuni ya pak isinya ayam bakar :D :D :D
Naah terbukti kan biarpun lagi malas hasil masakan ku tetep yummy (ha ha ha air laut asin sendiri ya buuu )




AYAM BAKAR MADU
BY    : Tri Yunianti

Bahan
  • 1 kg ayam potong  sesuai selera
Bumbu
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 1  sdt ketumbar
  • 1 jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 sdm gula merah
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 batang serai memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • garam secukupnya
Olesan
  • 2 sdm madu,1 sdm kecap manis,1 sdm minyak aduk jadi 1
Cara Membuat
  • cuci bersih ayam kemudian tiriskan lalu haluskan bumbu kecuali serai,dan daun salam
  • tumis bumbu halus bersama serai dan daun salam sampai matang kemudian tambahkan 1 liter air biarkan mendidih masukan gula merah kecap manis lalu masukan ayam ungkep sampai setengah matang kemudian kecilkan api ungkep ayam selama 2 jam sampai bumbu meresap
  • setelah 2 jam angkat ayam dan tiriskan kemudian panaskan alat pemanggang/happy call tata ayam biarkan setengah kering lalu oles ayam menggunakan madu bolak balik sampai ayam berwarna kecoklatan
  • angkat sajikan dengan sambal dan lalapn timun,kemangi,kol





Tidak ada komentar:

Posting Komentar