Selasa, 10 Desember 2013

tumis bunga pepaya tanpa rasa pahit

Tetangga saya punya pohon pepaya gantung yang bunganya lumayan banyak dan ga pernah di ambil sama sekali karena memang orang di sini jarang sekali yang memanfaatkan si bunga pepaya ini sebagai sayur mereka bilang pasti rasanya pahit dan tidak enak makanya biarpun bunganya cukup banyak tak satupun orang yang mau memetiknya
Ahirnya kemaren sore saya petik semua bunga pepaya milik tetangga :) dan hari ini sengaja masak tumis bunga pepaya yang lumayan banyak sengaja memang karena ingin aku bagikan ke tetangga dan saya buktikan bahwa si mungil ini selain kaya manfaat jika di tumis sudah pasti rasannya enak dan rasa pahitntya pun bisa di hilangkan dengan cara yang sangat mudah
Ahirnya setelah masak selesai aku panggil semua nih tetangga kanan kiri pokok semua kebagian semangkuk kecil tumis bunga pepayaku dan alhamdulillah komentar mereka semuanya bilang "ENAK DAN GA PAHIT" samapi sampai anak tetangga yang masih kecilpun doyan lho nah ini bener bener ga pahit :)
Sebenarnya sih saya lebih seneng jika masak tumis bunga pepaya masih ada rasa phitnya menurut saya justru pahitnya itu yang penuh sensasi tapi demi tetangga ga apa apa deh sekali kali pahitnya di hilangin yang penting tetangga seneng dan ikut puas merasakan hasil masakan ku :)



untuk bumbu tumisnya sama saja dengan kalau kita menumis sayuran lainya
Bahan
  • 500 gr bunga pepaya
  • 100 gr asam jawa
  • 50 gr ikan teri
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • cabe ( sesuai selera)
  • 1 buah tomat
  • 50 ml kecap manis
  • gula,garam,kaldu bubuk secukupnya
Cara memasak
  • rebus bunga pepaya dalam air yang cukup banyak tambahkan asam jawa setelah matang angkat siram air dingin sambil bersihkan sisa asam jawanya sisihkan
  • haluskan bawang merah,bawang putih,jahe,cabe dan tomat
  • panaskan minyak lalu goreng sebentar ikan teri kemudian masukan bumbu halus tumis sampai matang kemudian masukan bunga pepaya tambahkan kecap manis,gula dan garam serta kaldu bubuk aduk rata biarkan sampai bumbu meresap setelah air menyusut angkat
  • sajikan dengan nasi hangat
**TIPS : Asam jawa disini berfungsi untuk menghilangkan rasa pahit pada daun ataupun bunga pepaya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar