Sabtu, 08 November 2014

bolu gulung batik

Liat bolu gulung batik rasannya mupeng banget awalanya cuma bisa bingung gimana ya caranya bikin seperti itu rasanya kok ga nyampai di otak ku :D
ada beberapa teman yang nawarin ikut latbar tapi mendengar harga yang dipatok wow untuk ukuran kantong tipis seperti saya sangatlah mahal tapi semua itu tidak menyurutkan keinginan saya untuk bisa menaklukan si boltik meskipun hamya dengan modal pengetahuan yang saya dapat dari google ahirnya hari ini memberanikan diri untuk eksekusi boltik
Hari pertama mencoba hasilnya kurang memuaskan karena salah ambil loyang,over bake dan pada saat menggulung pun posisinya salah sehingga motif batiknya tidak ada style :D
tapi setidaknya saya sudah tau bagaimana caranya menaklukan siboltik ahirnya hari ke 2 mencoba lagi dengan resep yang sama tapi dengan cara di kukus alhasil boltik ku bisa membuat ku bernafas lega.. meskipun belum sempurna tapi menurut saya sudah lumayan bagus karena hanya belajar otodidak :D


boltik retak karena overbake

 meskipun terlihat kasar tapi rasanya tetep moist


Bahan
  • 6 butir telur ( 5 kuning telur dan 1 butir telur utuh )
  • 50 gr tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • 80  gr margarine lelehkan
  • 1 sdt sp
  • 1/2 sdt vanilla bubuk
  • 60 gr gula pasir
  • 1/4 sdt baking powder
pelengkap
  • untuk olesan bisa gunakan butter cream atau selai sesuai dengan selera
Cara Membuat
  • siapkan loyang ukuran 24x24x3 cm oles dengan margarine lalu alasi dengan kertas roti yang sudah di gambar motif batik (jangan lupa taruh bagian yang ada tintanya di bawah) sisihkan
  • panaskan oven (untuk suhu saya tidak tahu karena pake otang yang tidak ada pengukur temperatur suhu ) saya gunakan api sedang
  • ayak jadi satu tepung terigu,bp,vanili bubuk,susu bubuk dan tepung maizena
  • kocok telur dan gula sampai setengah mengembang lalu tambahkan sp kocok lagi sampai kental berjejak
  • turunkan kecepatan mixer ke speed yang paling rendah kemudian masukan campuran tepung aduk rata matikan mixer
  • masukan mentega sedikit demi sedikit aduk balik sampai rata
  • ambil sedikit adonan beri pewarna sesuai dengan motif batik dan mulailah menggambar di loyang kemudian panggang/kukus selama 2 menit
  • lalu tuang sisa adoanan ratakan oven/kukus lagi selama 15 menit angkat keluarkan dari loyang lepas kertas roti secara berlahan lalu balik lagi
  • setelah agak dingin oles dengan selai kemudian gulung bungkus dengan kertas roti biarkan gulungan sampai 1 jam sampai benar benar set baru di potong

saya menggunakan resep yang sama tapi yang kedua ini tidak saya oven melainkan saya kukus dan berikut hasilnya



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar